Home / Nasional

Selasa, 13 Februari 2024 - 14:18 WIB

Tahukah Siapakah Sutradara Dibalik Sukses Dirty Vote?

Bebaskan Dandhy, Ditangkap Karena Benar, Foto : Eksklusif, Tipikor

Bebaskan Dandhy, Ditangkap Karena Benar, Foto : Eksklusif, Tipikor

Oleh Gajahmada Harding,

Film dokumenter Dirty Vote yang diposting akun Youtube PSHK (Pusat Studi Hukum dan Kebijakan) Indonesia pada Minggu (11/2/2024) tiba-tiba sukses mencuri perhatian publik kini sudah ditonton 13 juta lebih orang dalam 2 hari. Siapa orang hebat dibalik film Trending Topik di Twitter X?

Adalah bukan Three Muskateers Pakar Hukum Tata Negara yang mengisi NARASI film berdurasi 1 jam 57 menit, Arifin Mochtar, Bivitri Susanti, dan Feri Amsari yang jadi orang paling suksesnya film dokumenter ini. Ketiganya, yang dituding dekat Cawapres Mahfud MD, hanya terbatas narator yang bermain apik dan sempurna dalam film instan dan luar biasa berani sehingga TKN Prabowo-Gibran, paslon Rezim kebakaran jenggot segera menggelar jumpa pers setelah nonton.

Bukan pula orang orang Kolaborator yang buat hebat Dirty Vote adalah sederetan orang-orang, lembaga dan organisasi yang terlibat sebagai kolaborator dalam film ini. Mereka yakni Aliansi Jurnalis Independen (AJI), Bangsa Mahardika, Ekspedisi Indonesia Baru, Ekuatorial, Fraksi Rakyat Indonesia, Greenpeace Indonesia, Indonesia Corruption Watch, Jatam, Jeda Untuk Iklim, KBR, LBH Pers, Lokataru, Perludem, Salam 4 Jari, Satya Bumi, Themis Indonesia, Walhi, Yayasan Dewi Keadilan, Yayasan Kurawal, dan YLBHI.

Dialah Dandhy Dwi Laksono

Film dokumenter eksplanatori, Dirty Vote ini disutradarai oleh Dandhy Dwi Laksono mantan jurnalis yang kerap melakukan liputan investigasi. Selain sering mengkritik kebijakan pemerintah melalui film, Dandhy juga dikenal lumayan aktif menyuarakan kritiknya melalui sosial media. Dirty Vote menjadi film keempat yang disutradarainya mengambil momentum pemilu dan tahu betul konsekwensinya pekerjaanya.

Pada 2014, Dandhy lewat rumah produksi WatchDoc meluncurkan film Ketujuh. Kemudian di tahun 2017, menjelang Pilkada DKI Jakarta, Dandhy juga menyutradarai film Jakarta Unfair.

Film Sexy Killers pada tahun 2019 juga dibuat Dandhy di masa tenang Pemilu 2019 lalu. Jumlah penonton film tersebut tembus 20 juta penonton. Sexy Killers membongkar jaringan oligarki di kedua pasangan calon yang berlaga saat itu, Jokowi-Ma’ruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Pada September 2017, Dandhy dilaporkan ke polisi karena dianggap menghina Megawati Soekarnoputri dengan membuat tulisan berjudul ‘Suu Kyi dan Megawati’. Pada 26 September 2019. Ia ditangkap di rumahnya karena cuitan tentang Wamena yang dianggap mengandung ujaran kebencian. Dandhypun ditetapkan sebagai tersangka karena melanggar ITE meskipun diperbolehkan pulang usai penangkapan tersebut.

Putera Politisi senior, Dandhy Agung Laksono (lahir 29 Juni 1976) adalah seorang jurnalis Indonesia produk jurnalis investigasi berupa tulisan ataupun film dokumenter. Istrinya, Irna Gustiawati, adalah pemimpin redaksi Liputan6.com.

Karier Jurnalismenya diawali pada tahun 1990, pria kelahiran Lumajang, Jawa Timur, ini alumnus Sarjana Hubungan Internasional dari Universitas Padjajaran, Bandung. Pendidikan non formal ia peroleh dari Ohio University Internship Program on Broadcast Journalist Covering Conflict, Amerika Serikat (2007) dan British Council Broadcasting Program, London (2008).

Penulis Buku Jurnalistik ikut berbagai workshop dan seminar tentang jurnalistik/media di Filipina, Thailand, China, Malaysia, dan Korea Selatan. Dandhy, sapaan akrabnya, memulai karir jurnalistik pada 1998 di tabloid Kapital dan majalah Warta Ekonomi. Ia lalu beralih ke media radio, Pas FM, Smart FM, Ramako, atau menjadi stringer di radio ABC Australia. Lalu pindah lagi ke televisi menjadi produser berita di Liputan 6 SCTV dan Kepala Seksi Peliputan di RCTI. Ia juga pernah memimpin majalah dan situs acehkita.com—sebuah media alternatif di masa pemberlakuan darurat militer di Aceh (2003-2005).

(Diambil dari berbagai sumber) (Sher)

Share :

Baca Juga

Daerah

Lindungi Terumbu Karang: Gakkum KLHK dan Balai Taman Nasional Kepulauan Togean Gelar Operasi Penyelamatan Sumber Daya Alam dan Satwa Liar

Hukrim

Presidensi Indonesia G20 Dorong Pelibatan Swasta dalam Pencegahan Korupsi

Hukrim

Deretan Kepala Daerah di Jabar Terjerat Korupsi sejak 2018

Inspirasi

Makassar Roller Skate Club Ikuti Kejuaraan Terbuka Sepatu Roda di Pati Jawa Tengah

Hukrim

Menggonggong Bagaikan Anjing Liar, Sekjen PWI Resmi Laporkan (A) Ke polres Gowa

Daerah

DIDUGA MALING JASA PELAYANAN (JASPEL) RSUD BELUM LAGI DIPERIKSA.

Inspirasi

Polri Gandeng Ustaz Das’ad Latif untuk Mendorong Pemilu Damai

Daerah

Kementrian Keuangan RI APBN SULSEL Per 31 Jan 2023