Home / Hukrim

Rabu, 5 April 2023 - 13:54 WIB

Donald Trump Pecahkan Rekor Seorang Mantan Presiden AS Dipidanakan

Donald Trump Ketika masuk ke dalam Gedung Pengadilan Pidana Manhattan di New York pada 4 April 2023. ED JONES / AFP / Getty Images

Donald Trump Ketika masuk ke dalam Gedung Pengadilan Pidana Manhattan di New York pada 4 April 2023. ED JONES / AFP / Getty Images

Donald Trump membuat sejarah berulang-ulang pada Selasa sore. Presiden pertama yang pernah didakwa menjadi yang pertama ditangkap, yang pertama didakwa, dan yang pertama mengaku tidak bersalah atas 34 tuduhan kejahatan terpisah memalsukan catatan bisnis di ruang sidang Manhattan. Pada Selasa malam, dia kembali ke pekerjaannya: mencalonkan diri untuk menjadi, sekali lagi, presiden Amerika Serikat – sebuah kampanye yang sekarang akan dilakukan oleh seorang pria yang memperjuangkan kebebasannya di pengadilan.

Penangkapan Trump terjadi lima hari setelah dewan juri memilih untuk mendakwanya Kamis lalu atas banyak tuduhan terkait dengan tuduhan bahwa ia mengatur pembayaran uang tutup mulut kepada bintang porno Stormy Daniels menjelang pemilihan 2016, dan kemudian secara curang mencoba menyembunyikannya.

Trump terbang dari Mar-a-Lago ke New York City pada hari Senin dalam persiapan penangkapannya, dan melambai pada para pendukungnya saat keluar dari iring-iringan mobil untuk memasuki gedung pengadilan pada hari Selasa. “Menuju ke Lower Manhattan, Gedung Pengadilan,” Trump memposting ke Truth Social sebelum tiba. “Tampaknya begitu nyata – WOW, mereka akan MENANGKAPKU. Tidak percaya ini terjadi di Amerika. MAGA!”

Rolling Stone melaporkan pada hari Senin bahwa Trump ingin mengubah pemesanannya menjadi tontonan, memilih untuk itu terjadi di Manhattan di tengah hari daripada di malam hari atau melalui video. Dia juga ingin berjalan-jalan. “Ini semacam Yesus Kristus,” kata salah satu sumber yang dekat dengan tim hukum Trump. “Dia berkata, ‘Saya menyerap semua rasa sakit ini dari sekeliling dari mana-mana sehingga Anda tidak perlu melakukannya.'”

Optiknya, bagaimanapun, tidak bagus. Trump terlihat oleh publik selama beberapa detik ketika dia berjalan dari mobil ke gedung pengadilan, dan dia memasang ekspresi kelelahan sepanjang dakwaannya, yang dimulai sekitar pukul 2:30 ET. Dia diapit oleh tim hukumnya, termasuk Joe Tacopina, Susan Necheles, dan tambahan terbaru Todd Blanche.

Si Penuntutan tidak meminta perintah pembungkaman untuk ditempatkan pada Trump, dan Hakim Juan Merchan mengatakan dia tidak akan mengabulkannya jika mereka melakukannya. Merchan, yang diserang Trump di Truth Social sebelum penangkapan, memperingatkan kedua belah pihak tentang aktivitas media sosial yang menghasut. “Saya akan mendorong nasihat di kedua belah pihak … untuk menghindari membuat pernyataan yang menghasut kekerasan atau menciptakan kerusuhan sipil,” katanya.

Penangkapan itu terjadi di tengah adegan tegang di luar gedung pengadilan, dengan pendukung dan lawan Trump berkumpul untuk berdemonstrasi sebelumnya pada hari Selasa. Rep. Marjorie Taylor Greene (R-Ga.) melarikan diri dari protesnya sendiri ketika demonstran anti-Trump meneriakinya ketika dia mencoba berbicara melalui megafon. Kegilaan telah mereda pada saat Trump menyerah, meskipun sejumlah media, penegak hukum, dan penonton tetap berada di daerah itu ketika dakwaan dilakukan hingga sore hari.

Trump akhirnya mengaku tidak bersalah sendiri, bukan melalui pengacaranya. Dia berangkat kembali ke Florida hampir satu jam setelah dia meninggalkan ruang sidang, dan beberapa jam kemudian menyampaikan pidato aneh dari Mar-a-Lago beberapa jam kemudian di mana dia berjuang untuk membela diri terhadap beberapa penyelidikan yang masih dalam proses yang dapat menghasilkan lebih banyak dakwaan terhadap mantan presiden.

Dakwaan Trump menghidupkan kembali kontroversi atas upayanya, pada hari-hari memudarnya pemilihan presiden 2016, untuk membatalkan pengungkapan dugaan perselingkuhan dengan Daniels yang dimulai selama turnamen golf selebriti 2006 dan berlangsung hingga 2007. Upaya Trump untuk mengganti pengacaranya saat itu, Michael Cohen, untuk pembayaran kepada Daniels sebagai bagian dari perjanjian punggawa palsu merupakan pemalsuan kejahatan catatan bisnis, jaksa menuduh.

Insiden itu telah menghasilkan hukuman pidana. Cohen mengaku bersalah melanggar undang-undang keuangan kampanye federal pada tahun 2018 karena melakukan pembayaran kepada Daniels melalui perusahaan shell Delaware, “Konsultan Esensial,” sesaat sebelum pemilihan. Cohen mengatakan dia melakukan pembayaran $ 130.000, dibiayai oleh pinjaman ekuitas di rumahnya sendiri, untuk menyelamatkan kampanye – yang sudah diguncang oleh rilis rekaman AccessHollywood – skandal norak lain dalam bentangan terakhir pemilihan presiden. Organisasi Trump membayar dan menghadiahi Cohen dengan punggawa bulanan sebesar $ 35.000, akhirnya berjumlah $ 420.000, yang dibukukan sebagai biaya hukum.

Dakwaan setebal 16 halaman terhadap Trump diumumkan segera setelah dia meninggalkan gedung pengadilan. Kantor Jaksa Distrik Manhattan Alvin Bragg juga merilis Pernyataan Fakta setebal 13 halaman yang merangkum kasus tersebut. “Kami menuduh Donald Trump dan rekan-rekannya berulang kali dan secara curang memalsukan catatan bisnis New York untuk menyembunyikan informasi yang merusak dan aktivitas yang melanggar hukum dari pemilih Amerika,” tulis kantornya. Bragg berbicara kepada media pada hari Selasa. “Ini adalah kejahatan kejahatan di negara bagian New York tidak peduli siapa Anda,” katanya. “Kami tidak bisa dan tidak akan menormalkan perilaku kriminal serius.”

Surat dakwaan dan Pernyataan Fakta melukiskan Trump sebagai komando skema untuk membayar Daniels. Ia bahkan menuduh Trump secara ganda berusaha menunda pembayaran dengan harapan mendorong melewati Hari Pemilihan dan mengingkari kesepakatan dengan Daniels “karena pada saat itu tidak masalah jika cerita itu menjadi publik.”

Dokumen itu menuduh bahwa Cohen, sebelum melakukan pembayaran, “mengkonfirmasi dengan Terdakwa [Trump] bahwa Terdakwa akan membayarnya kembali.” Dan itu menggambarkan bagaimana Trump dan Cohen “bertemu di Oval Office” pada Februari 2017 untuk mengkonfirmasi “pengaturan pembayaran” yang curang.

Organisasi Trump menempatkan Cohen sebagai punggawa, dipesan sebagai pekerjaan hukum, tetapi Pernyataan Fakta menggarisbawahi bahwa Cohen “tidak dibayar untuk layanan hukum” dan bahwa Trump sendiri “menyebabkan catatan bisnis entitasnya dipalsukan untuk menyamarkan perilaku kriminalnya dan orang lain.”

Trump telah lama mencoba untuk menghindari pertanggungjawaban atas pembayaran tersebut. Dia bersikeras di depan umum bahwa dia tidak berselingkuh dengan Daniels, bahwa dia tidak memiliki pengetahuan tentang pembayaran apa pun, dan bahwa dia tidak pernah mengarahkan Cohen untuk melakukan sesuatu yang ilegal. Orang-orang yang ditunjuk Trump di Departemen Kehakiman berusaha untuk menghapus referensi tentang peran presiden dari dokumen pengadilan yang disiapkan untuk kasus pidana Cohen, menurut sebuah memoar oleh mantan Jaksa AS Geoffrey Berman. Jaksa Agung Bill Barr bahkan menekan jaksa penuntut dalam kasus ini dan memerintahkan pejabat DOJ untuk menulis memo dengan tantangan potensial untuk itu, meskipun Cohen mengaku bersalah dan menjatuhkan hukuman.

Kasus itu tampaknya sudah mati. Penyelidikan federal atas masalah ini dilaporkan terhenti pada awal 2021, tetapi pemilihan Bragg sebagai Manhattan DA pada November tahun itu menggerakkan pemeriksaan baru atas fakta-fakta di bawah hukum New York. Awal tahun ini, Bragg membentuk dewan juri dan mulai menyajikan bukti yang mengarah pada dakwaan mantan presiden. “Saya membawa kasus ketika mereka siap,” Bragg menjelaskan pada hari Selasa. “Setelah sekarang melakukan penyelidikan yang ketat dan menyeluruh, kasus ini siap untuk dibawa. Dan itu dibawa.”

Trump tidak menyia-nyiakan serangan terhadap Bragg ketika berita tentang dakwaan yang menjulang mulai pecah. Di akun Truth Social-nya, dia mengecam “KANTOR PENGACARA DISTRIK MANHATTAN YANG KORUP & SANGAT POLITIS … YANG PEMIMPINNYA DIDANAI OLEH GEORGE SOROS” untuk mengejar tuduhan yang dia klaim didasarkan pada “AN OLD & FULLY DEBUNKED (OLEH BANYAK JAKSA PENUNTUT LAINNYA!) DONGENG.” (Pemodal liberal George Soros — momok favorit kaum kanan — memberikan uang kepada Color Of Change PAC, sebuah kelompok progresif yang mendukung kampanye Bragg 2021.)

Malam sebelum penangkapannya, Trump mencerca Truth Social bahwa Bragg harus “MENDAKWA DIRINYA SENDIRI.” Dia terus mengomel di media sosial Selasa pagi, dan lagi setelah dia meninggalkan gedung pengadilan. Posting media sosial Trump menjelang penangkapannya termasuk saran bahwa kekerasan mungkin satu-satunya cara untuk membelanya, dan peringatan “kematian & kehancuran” jika dia didakwa. Dia juga memposting dan menghapus gambar dirinya mengacungkan tongkat baseball di sebelah gambar Bragg, yang telah menerima setidaknya satu ancaman pembunuhan sejak Trump menempatkannya di garis bidik.

Seruan Trump yang terus-menerus ke pengadilan opini publik adalah bagian dari strategi menggunakan keburukan dakwaannya untuk menggembleng pengikut politiknya. Sepertinya berhasil. Politisi Republik telah membelanya secara massal, jumlah jajak pendapatnya mencapai titik tertinggi baru selama akhir pekan, dan pada hari Senin timnya membual telah mengumpulkan $ 7 juta setelah dakwaan. Rolling Stone melaporkan kemudian pada hari Senin bahwa timnya siap untuk menempatkan mugshot-nya pada barang dagangan. Mereka melakukannya pada hari Selasa, meskipun dengan gambar palsu yang membuat Trump terlihat 6’5 “.

Belum jelas bagaimana Trump akan menanggapi, secara hukum, terhadap tuduhan itu, tetapi dia telah mengisyaratkan beberapa strategi untuk menentang kasus terhadapnya. Dia telah mengklaim di Truth Social bahwa dia “mengandalkan penasihat hukum untuk menyelesaikan Pemerasan terhadap saya ini,” sebuah sinyal bahwa strategi hukumnya mungkin sekali lagi mencakup pembelaan “nasihat penasihat”. Pembelaan, yang pertama kali disarankan Trump pada tahun 2018, menyatakan bahwa ia tidak memiliki niat untuk melakukan kejahatan karena tindakannya adalah hasil dari itikad baik yang bergantung pada saran pengacaranya, Cohen.

Rolling Stone melaporkan bulan lalu bahwa beberapa penasihat Trump telah mendesaknya untuk mencoba meyakinkan juri bahwa upaya untuk membeli keheningan Daniels terutama tentang menyelamatkan pernikahan Trump dari rasa malu atas dugaan perselingkuhan daripada melindungi kampanyenya. Rolling Stone juga telah melaporkan – mungkin tidak terkait – bahwa tim hukum Trump telah menyuruhnya bersiap untuk kalah dalam kasus ini, dan bahwa banding akan diperlukan.

Terlepas dari pendekatannya terhadap dakwaan di New York, langkah berani Bragg untuk membawa mereka dapat membuka pintu air hukum terhadap mantan presiden. Dia juga saat ini sedang diselidiki di Georgia atas dugaan campur tangan kriminal pemilu 2020, serta oleh jaksa khusus federal yang menyelidiki kesalahan penanganan dokumen rahasia Trump dan tindakannya menjelang pemberontakan 6 Januari.

Victoria Bekiempis dan Adam Rawnsley berkontribusi pada laporan ini, Donald Trump Smashes Previous Presidential Record of Zero Felony Indictments (rollingstone.com)

Rolling Stone/tipikor.id

Share :

Baca Juga

Hukrim

Perbuatan Iblis Judi Bola Guling Seakan Dilegalkan

Daerah

Judi Bola Guling, Ramai Ibarat Casino, Aparat Diminta Bertindak

Hukrim

Suap Proyek dan Lelang Jabatan Kota Bekasi Ditangkap Tangan KPK

Hukrim

Polda Sulsel Bantah Dan Luruskan Isu Pemerkosaan Oleh Oknum Anggota Polda Sulsel

Hukrim

Forum Kader Anti Narkoba BNN (FKA BNN) gelar Sosialisasi Bahaya Narkoba di Siwa (21/03/2023)

Hukrim

Cawe-Cawe Menkopolhukam Paksakan Ganjar Pranowo sebagai Capres dari PDIP, Modus Lama BIN Tidak Netral

Hukrim

Insya Allah, UNHAS Akan Umumkan Satgas PPKS Pada 4 November ini

Hukrim

Korlantas Polri Gelar Operasi Zebra 2023 Untuk Ciptakan Keamanan dan Ketertiban Berlalulintas